Empat Puluh Dua dan Cara Memainkannya

pengantar

Empat puluh dua adalah trik mengambil permainan yang dimainkan dengan kartu domino. Ini sangat populer di Texas, AS. Uraian berikut berdasarkan informasi dari David Dailey, Kit McKormick, John Rhodes, Adam Hauerwas, David Fimble dan lain-lain.

Pada dasarnya ada dua bentuk 42: dapat dimainkan untuk poin atau untuk nilai. Versi untuk tanda akan dijelaskan terlebih dahulu. Versi untuk poin serupa kecuali dalam penawaran dan penilaian – perbedaannya dijelaskan nanti.

Ada dua 42 halaman lainnya di pagat.com. Halaman Texas 42 Joe Celko mencakup permainan untuk poin secara mendalam termasuk saran tentang strategi, dan halaman 42 dan Variasi Howard Fosdick mencakup beberapa varian termasuk penemuannya sendiri ‘The Big Game’.

Pemain dan peralatan

Ada empat pemain dalam kemitraan tetap – pemain duduk di seberang pasangannya.

Domino dobel-enam set digunakan – yaitu 28 domino, satu untuk setiap kemungkinan pasangan angka dari 0 (kosong) hingga 6. Domino dengan angka yang sama di setiap ujungnya disebut dobel.

Peringkat dan setelan domino

Ada 7 setelan: kosong, satu, dua, tiga, empat, lima dan enam. Domino tertinggi dari setiap setelan adalah ganda.

Biasanya satu setelan adalah truf. Setiap domino yang berisi nomor itu secara eksklusif adalah truf, dan selain dari ganda, peringkat mereka sesuai dengan nomor lain di domino. Misalnya jika bertiga adalah truf, setelan truf dari tinggi ke rendah adalah:

Domino yang tersisa, selain dari ganda, milik dua setelan yang sesuai dengan dua angka di atasnya. Dalam setiap setelan mereka memberi peringkat dalam urutan nomor lain di domino. Jadi jika threes adalah truf, anggota dari fives sesuai dari yang tertinggi hingga yang terendah adalah:

Nilai Domino

Setiap domino dengan 10 pips – – bernilai 10 poin ke pihak yang memenangkannya dalam trik mereka.

Setiap domino dengan 5 pips – – bernilai 5 poin ke pihak yang memenangkannya dalam trik mereka.

Selain itu, masing-masing dari tujuh trik bernilai satu poin ke pihak yang memenangkannya.

Oleh karena itu ada 42 poin yang tersedia di masing-masing tangan.

Kesepakatan

Dealer pertama dipilih secara acak. Setelah itu giliran untuk menangani melewati searah jarum jam. Dealer “mengocok” domino dengan mencampurnya secara menyeluruh menghadap ke bawah di atas meja. Kemudian setiap pemain mengambil tujuh kartu domino dan meletakkannya di tepi sehingga pemiliknya dapat melihat nilainya, tetapi pemain lain tidak dapat melihatnya. Lawan dealer harus mengambil kartu domino mereka terlebih dahulu, lalu mitra dealer, dan terakhir dealer.

Penawaran

Setiap pemain hanya memiliki satu kesempatan untuk menawar atau mengoper, dimulai dengan pemain ke kiri dealer dan berputar searah jarum jam di meja. Setiap tawaran harus lebih tinggi dari yang sebelumnya.

Tawaran serendah mungkin adalah 30, artinya tim penawar berjanji untuk memenangkan setidaknya 30 poin dalam trik. Kemudian datang 31, 32, 33, dst. hingga 41, lalu 1 tanda (yang setara dengan 42), 2 tanda, 3 tanda dst.

Tawaran 1 tanda ke atas mengharuskan pihak penawar untuk memenangkan semua trik (yaitu semua 42 poin) atau mengambil salah satu kontrak khusus (Nello, Plunge, Sevens) yang dijelaskan di bawah.

Tawaran pembukaan tertinggi yang diizinkan adalah 2 tanda (kecuali jika pihak yang menyatakan ingin memainkan Plunge). Setelah seseorang menawar 2 tanda, pemain berikutnya dapat menawar 3 tanda, dan seterusnya. Untuk bermain Plunge perlu menawar 4 tanda, atau 5 jika penawaran sudah mencapai 4.

Jika keempat pemain lulus, domino dilemparkan dan pemain berikutnya menangani.

Permainan

Penawar tertinggi (deklarasi) memberi nama truf, atau dapat menyebutkan salah satu kontrak khusus jika tawarannya 1 mark atau lebih.

Declarer mengarah ke trik pertama. Pemain harus mengikutinya jika memungkinkan. Seorang pemain yang tidak dapat mengikutinya dapat memainkan domino apa pun. Triknya dimenangkan oleh truf tertinggi di dalamnya, atau jika tidak mengandung truf, oleh domino tertinggi dari suit yang dipimpin. Pemenang trik mengarah ke yang berikutnya.

Ketika domino non-truf dipimpin, itu dihitung sebagai anggota dari setelan bernomor lebih tinggi, tetapi ketika Anda diminta untuk mengikutinya, setiap domino non-truf yang Anda pegang dihitung sebagai milik kedua setelan. Misalnya jika threes adalah truf dan 6-5 dipimpin, itu dihitung sebagai 6 daripada 5. Tetapi ketika mengikuti, 6-5 dapat digunakan untuk mengikuti baik enam atau lima. Jika bertiga adalah truf maka 5-3 saat dipimpin dihitung sebagai 3 bukan 5, karena truf adalah truf dan tidak ada yang lain.

Perhatikan misalnya bahwa jika kosong tidak truf, dan Anda memegang kosong ganda, meskipun itu adalah kartu tertinggi yang sesuai, satu-satunya cara untuk memenangkan trik adalah jika Anda memimpinnya. Kosong lainnya yang dipimpin dianggap sebagai domino terendah dari beberapa setelan lainnya.

Trik disimpan menghadap ke atas di sebelah kanan salah satu anggota setiap tim, sesuai urutan yang dimainkan, dan dapat dilihat oleh semua pemain. Misalnya setelah dua trik, tangkapan satu sisi mungkin terlihat seperti ini:trik ini bernilai 11 poin, dan dimenangkan dengan 6-6 (enam adalah truf)

trik ini bernilai 16 poin dan dimenangkan dengan 6-2, sebuah truf.

Saat memainkan kontrak untuk memenangkan semua trik, deklarasi dapat memilih untuk menumpuk trik. Dalam hal ini trik ketiga disimpan di atas trik pertama, trik keempat di atas trik kedua, dan seterusnya, hanya menyisakan dua trik sebelumnya yang terlihat pada satu waktu. Ini menghemat ruang dan mengurangi kesempatan pemain untuk memeriksa kembali untuk melihat apa yang telah dimainkan.

Kontrak Khusus

Seorang pemain yang ingin memainkan kontrak khusus tidak menyebut kontrak mereka sebagai bagian dari penawaran mereka; mereka hanya menawar jumlah tanda yang sesuai. Hanya setelah semua orang menawar, penawar tertinggi menyebutkan kontraknya.

Nello

Declarer yang memiliki bid 1 mark (42) atau lebih tinggi dapat mengumumkan Nello, yang merupakan kontrak untuk kehilangan setiap trik. Mitra Declarer membalikkan semua kartu dominonya dan tidak mengambil bagian dalam permainan. Declarer mengarah ke trik pertama, dan tidak ada truf. Ganda membentuk setelan peringkat mereka sendiri dari 6-6 (tertinggi) hingga 0-0 (terendah). Aturan mainnya seperti biasa, dan lead dari double call untuk double. Jika non-ganda dipimpin, angka yang lebih besar menentukan setelan yang harus diikuti, dan ganda tidak dapat dimainkan dengan trik kecuali jika tidak ada kartu domino dari led setelan yang dipegang.

Plunge

Deklarator harus memegang setidaknya 4 ganda untuk mengumumkan Plunge. Mitra Declarer memilih truf: mitra harus membuat pilihan ini atas dasar tangannya sendiri, tanpa petunjuk dari penawar Plunge. Ketika mitra telah mengumumkan setelan truf, pernyataan memimpin. Tim deklarasi harus mengambil semua tujuh trik untuk menang.

Untuk memainkan Plunge, penawar harus memiliki tawaran setidaknya 4 tanda. Untuk bermain risiko, Anda diperbolehkan untuk membuka penawaran dengan 4 tanda, atau melompat ke 4 tanda di atas tawaran yang lebih rendah, atau menawar 5 tanda di atas tawaran sebelumnya 4. Ini adalah satu-satunya kasus di mana tawaran lompat atau pembukaan tawaran lebih tinggi dari 2 tanda diperbolehkan. Pemain berikutnya dapat melakukan overcall 4 mark dengan 5 mark, dan memainkan kontrak normal untuk memenangkan semua trik, atau Nello. 5 mark bisa di overcall dengan 6 mark, dan seterusnya.

Keluarga Fives: Muggins

Pengantar

Permainan anggota keluarga Fives ini juga kadang-kadang dikenal sebagai Five Up atau All Fives, tetapi disebut Muggins di sini karena nama Five Up dan All Fives juga digunakan untuk permainan lain di mana satu atau semua ganda adalah “pemintal” (bisa dibangun dari keempat arah). Muggins dan Sniff dimainkan lebih sering di Inggris dan Eropa, sedangkan All Fives dan Five Up dimainkan di Amerika Serikat.

Di Muggins, domino dimainkan seperti biasa sehingga ujung yang menyentuh cocok jumlahnya. Skor pemain untuk membuat kedua ujung tata letak bertambah hingga kelipatan lima, dan juga siapa pun yang kehabisan skor domino untuk yang tersisa di tangan pemain lain.

Peralatan

Gim ini menggunakan satu set standar domino double-enam Barat – 28 ubin semuanya. Permainan ini dapat dimainkan oleh dua hingga empat pemain. Papan cribbage berguna untuk mencetak angka, karena skor dijumlahkan saat dibuat dan bukan di ujung tangan. Atau skor dapat disimpan menggunakan pensil dan kertas.

Kesepakatan

Ukuran tangan bervariasi dengan jumlah pemain:

  • 2 pemain mendapatkan 7 ubin masing-masing
  • 3 pemain mendapatkan 5 ubin masing-masing
  • 4 pemain mendapatkan 5 ubin masing-masing

Sisa ubin membentuk boneyard.

Permainan

Pemain pertama di tangan pertama ditentukan oleh lot. Di tangan berikutnya, pemain yang menang atau domino di tangan sebelumnya bermain lebih dulu. Jika tangan terakhir diblokir, maka keunggulannya ditentukan lagi dengan lot. Lead bisa berupa ubin apa saja di tangan pemain.

Pemain berikutnya harus mencocokkan ujung ubin di atas meja dengan cara biasa. Ganda diputar melintang dan dihitung sebagai total pips mereka untuk tujuan penilaian jika mereka berada di salah satu ujung tata letak.

Semua ganda diputar melintang, tetapi tidak dimainkan sebagai pemintal. Jika seorang pemain tidak dapat memainkan ubin, dia harus menarik ubin dari boneyard sampai dia memiliki ubin yang akan dimainkan atau boneyard kosong. Ketika dia menggambar ubin yang akan dimainkan, itu langsung di atas meja dan gilirannya berakhir. Jika dia mengosongkan boneyard dan masih tidak bisa bermain, dia mengoper dan pemain berikutnya mengambil gilirannya.

Tangan berlanjut sampai satu pemain domino atau sampai semua pemain diblokir.

Penilaian

Setelah pemain memasang ubin di tablo, kedua ujung tata letak yang terbuka dijumlahkan. Jika total ini adalah kelipatan lima (5, 10, 15, atau 20 poin), pemain segera mencetak jumlah poin tersebut. Putaran ganda pada akhir tata letak skor total pips mereka; yaitu [5-5] menghitung sepuluh poin, [6-6] menghitung dua belas poin dan seterusnya.

Ketika tangan selesai, baik dengan domino atau diblokir, pips pada ubin yang tersisa di masing-masing tangan dijumlahkan dan totalnya dibulatkan ke atas atau ke bawah ke kelipatan lima terdekat. Misalnya, tangan dengan [1-2] akan membulatkan hingga lima poin, sedangkan [1-1] akan membulatkan ke bawah menjadi nol poin. Poin-poin ini kemudian dikurangi dari skor pemain itu.

Permainan ini dimainkan untuk 200 poin dengan tiga atau empat pemain dan untuk 250 poin dengan dua pemain. Dengan empat pemain, Anda dapat membuat dua kemitraan dan bermain untuk 250 poin. Pena dan kertas mungkin merupakan alat penilaian yang paling umum.

Jika Anda menggunakan papan cribbage untuk mencetak angka, maka satu pemain harus ditunjuk sebagai pencatat angka. Setiap pemain harus mengumumkan total dari kedua ujung tablo pada akhir giliran mereka sehingga pencatat angka dapat mematoknya. Setiap hole menghitung lima poin, jadi satu trip ke sisi papan cribbage adalah 300 poin, jadi pemain menang ketika pasaknya mencapai grup terakhir yang terdiri dari lima hole di lapangan.

Perangkat penilaian gaya sempoa yang digunakan dalam Keluarga Lima (lihat bagian tentang peralatan) dioperasikan oleh satu pemain untuk skornya sendiri. Sempoa memiliki lima kolom masing-masing sepuluh manik-manik. Setiap manik menghitung lima poin, jadi ketika semua 50 manik telah dipindahkan dari satu sisi bingkai ke sisi lain, pemain telah mencetak 250 poin.

Komentar & Strategi

Muggins adalah permainan dua pemain yang bagus dan cepat.

Skor tertinggi dalam satu permainan adalah 20 poin, yang diperoleh dengan memiliki ubin [6-6] di satu ujung dan ubin [4-4] di ujung lainnya. Namun, Anda akan menemukan bahwa ketika [6-6] terbuka, Anda sering kali bisa mendapatkan 15 poin dengan mengatur ubin yang membuat ujung lainnya menjadi 3.

Variasi

Ada beberapa variasi pada game ini dalam literatur. Perubahan yang paling umum adalah jumlah ubin yang berbeda per tangan dan aturan tambahan bahwa boneyard dianggap kosong ketika memiliki dua ubin tersisa.

Beberapa memainkan Muggins sebagai permainan blok – ubin di boneyard (tempat tidur) tidak ditarik – pemain yang tidak bisa bermain hanya mengoper.

Beberapa skor 1 poin untuk masing-masing 5 yang terkandung dalam total tata letak berakhir (jadi 2 untuk 10, 3 untuk 15, 4 untuk 20) ​​dan memberikan 1 poin kepada pemain yang domino atau “chip out” dengan memainkan ubin terakhirnya.

Atau, dalam versi tersebut, total pips pada ubin pemain lain yang tersisa dapat dibulatkan ke lima terdekat dan hasilnya dibagi lima: masing-masing kehilangan jumlah poin tersebut. Kemungkinan lain adalah bahwa pemain yang memiliki sisa pip paling banyak akan membulatkan angka ini ke lima terdekat dan membaginya dengan lima, dan pemenangnya mencetak angka ini – misalnya 3 poin jika pemain dengan pip paling banyak yang belum dimainkan memiliki 13 pip.

Ada beberapa variasi aturan utama yang benar-benar memberikan permainan baru.

Semua Tiga

Ini adalah permainan yang sama dengan Muggins, tetapi menggunakan kelipatan tiga daripada kelipatan lima, dan mencetak 1 poin untuk setiap kelipatan tiga. Jadi skor maksimum untuk sebuah permainan adalah 6 poin, jika jumlah ujungnya adalah 18 (misalnya 6-6 di satu ujung dan 6 di ujung lainnya atau 5-5 di satu ujung dan 4-4 di ujungnya). lainnya). Pemain yang kehabisan kartu domino mendapat poin ekstra untuk ini – atau sebagai alternatif, skor sepertiga jumlah pips yang dipegang oleh pemain dengan pip paling banyak belum dimainkan, dibulatkan ke bilangan bulat terdekat.

Lima dan Tiga

Ini adalah permainan serupa, populer di Inggris, di mana seorang pemain mencetak poin tidak hanya untuk membuat kelipatan 5, tetapi juga untuk membuat kelipatan 3.

Mengendus

Sniff adalah domino pertama yang dimainkan dan dapat diatur baik dalam garis atau diputar. Jika dimainkan dalam barisan, maka hanya satu ujung yang dihitung secara total. Jika dibolak-balik, maka kedua ujungnya dihitung total dengan cara biasa. Misalnya, asumsikan bahwa tabel memiliki [6-1][1-4] di atasnya sebagai tablo. [4-4] dapat diputar dan totalnya menjadi (6 + 4 + 4) 14 poin, atau dapat dimainkan dalam garis dan totalnya menjadi 10 poin. Setelah mengendus dimainkan, permainannya seperti Muggins.

Variasi Domino: Chicken Foot Dominoes

Chicken Foot Dominoes, juga dikenal sebagai Chicken Game, adalah varian dari permainan domino “Kereta”, dan cocok untuk 2 – 8 pemain.

Bagaimana cara bermain Domino Kaki Ayam?

Yang Anda butuhkan untuk bermain Chicken Foot Dominoes adalah satu set domino klasik. Set double-sembilan umum lebih disukai, meskipun set lain dapat digunakan. Untuk 2 – 4 pemain, satu set sudah cukup, namun untuk 4 pemain ke atas, diperlukan set tambahan.

Pengaturan

Sebelum memulai, domino ditempatkan menghadap ke bawah dan dikocok. Setiap pemain kemudian membentuk 7 kartu domino. Domino yang tersisa kemudian disisihkan, membentuk boneyard.

Domino pertama kemudian ditempatkan di tengah papan, dan ini adalah ubin domino ganda tertinggi. Dalam kasus set double-enam, ini akan menjadi ubin double-enam. Untuk setiap putaran berikutnya, ubin tengah diubah menjadi ganda terendah berikutnya.

Urutan Giliran

Pada ronde pertama, setiap pemain menarik ubin dari boneyard, mengungkapkannya kepada semua pemain lain. Pemain yang menggambar nilai terbesar menjadi yang pertama.

Giliran/Urutan

Setiap pemain harus memainkan domino dengan nilai akhir yang sama dengan ubin tengah. Pemain berikut kemudian melanjutkan prosesnya. 4 putaran pertama harus dilakukan mengelilingi ubin tengah, dan tidak ada gerakan lain yang diizinkan sampai keempat sisi terisi.

Jika seorang pemain tidak dapat memainkan ubin pada gilirannya, mereka harus menarik ubin dari boneyard. Jika ubin itu tidak dapat dimainkan, giliran kemudian diteruskan ke pemain berikutnya. Jika boneyard kosong, giliran dilewati.

Setelah keempat sisi terisi, pemain dapat memainkan domino ke ujung domino yang terbuka.

Kaki ayam

Ketika seorang pemain menempatkan ganda yang cocok di akhir, pemain dapat memanggil “Chickie” diikuti dengan nomor di ganda, menunjukkan bahwa mereka telah membentuk Kaki Ayam baru.

Akhir

Putaran berakhir setelah seorang pemain memainkan semua kartu domino dari tangan mereka.

Jika tidak ada pemain yang bisa bermain atau menggambar domino, putaran berakhir.

Aturan Kaki Ayam

Aturan untuk Kaki Ayam adalah:

  • Setiap putaran tidak bisa diakhiri dengan dobel. Jika seorang pemain memenangkan ronde menggunakan ubin ganda, pemain tersebut akan dihukum 50 poin.
  • Di akhir ronde, pemain yang memegang ubin kosong ganda (ubin liar ganda) akan dikenakan penalti 50 poin.
  • Sebelum 4 sisi ubin awal diisi, tidak ada ubin lain yang dapat ditempatkan.
  • Pemain dengan jumlah poin paling sedikit pada akhirnya menang.

Skor & Poin

Tujuan dari Chicken Foot Dominoes adalah untuk mengakhiri permainan dengan jumlah poin paling sedikit. Poin dicetak per putaran, dan didasarkan pada jumlah total titik yang tersisa pada ubin domino yang belum dimainkan di tangan masing-masing pemain. Karena pemain yang menang telah membersihkan semua ubin dari tangan mereka, pemain itu diberikan 0 poin. Lembar skor Kaki Ayam sangat membantu dalam menghitung skor. Contoh yang menunjukkan cara menghitung tangan ditunjukkan di bawah ini.

Gambar 1. Contoh menghitung skor

Tangan ini memiliki total 15 titik, dan karenanya memberi pemain 15 poin.

Contoh Permainan

Bagian dari strategi yang terlibat dalam Chicken Foot Dominoes adalah untuk mengunci pemain lain dari membuat permainan. Karena penggunaan ganda membatasi kemungkinan ubin yang cocok, disarankan untuk “Chickie” menggunakan ubin ganda, seperti yang diilustrasikan di bawah ini.

Gambar 2. “Chickie” dengan ubin ganda

Seperti yang diamati di atas, menggunakan ubin ganda-4 mengunci banyak kemungkinan di ujung kanan papan, berpotensi mengunci pemain lain dari bermain ubin.

Penting juga untuk diingat bahwa 4 sisi di sekitar domino awal harus diselesaikan sebelum gerakan lain tersedia.

Strategi & Tip

  • Salah satu aspek kunci dari strategi Chicken Foot berkisar pada menghitung dan memvisualisasikan ubin apa yang tersisa, terutama ketika Anda memiliki akses ke ganda di tangan. Ini memastikan bahwa Anda dapat mengunci gerakan dari pemain lain.
  • Jangan ragu untuk menggambar dari boneyard sejak awal, bahkan jika Anda memiliki permainan yang bagus. Mengisi 4 sisi pertama bisa jadi sulit di awal tanpa banyak ubin, terutama di putaran selanjutnya di mana ubin awal bernilai rendah-ganda.
  • Ingatlah untuk tidak mengakhiri putaran dengan dobel, dan ingat untuk memainkan ubin liar Anda. Kondisi khusus ini memberi Anda poin ekstra, yang merupakan kerugian dalam Domino Kaki Ayam.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah saya harus menggunakan set double-6 saat bermain Chicken Foot Domino?

Anda dapat menggunakan set domino apa pun untuk memainkan Game Ayam, tetapi menggunakan set yang berbeda dapat menghasilkan lebih banyak permainan berlarut-larut karena jumlah ubin yang lebih tinggi, dan pemain akan menemukan set ganda-6 menjadi yang terbaik untuk strategi, karena jumlah ubin lebih mudah dikelola.

Berapa putaran setiap permainan Chicken Foot Domino berlangsung?

Itu tergantung pada preferensi pribadi, meskipun karena setiap putaran mengurangi jumlah domino awal, kebanyakan orang lebih suka bermain game di putaran 6.

Apa yang terjadi jika tidak ada pemain yang berhasil memainkan semua ubin mereka?

Jika tidak ada pemain yang bisa membersihkan ubin mereka, dan boneyard juga dibersihkan, maka ronde berakhir dan skor dihitung seolah-olah tidak ada pemain yang menang.

Variasi Domino: Okey pt 2

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai variasi domino di part 1, domino kali ini kita akan membahas beberapa hal mengenai cara bermainnya.

Bermain Domino

Sebelum permainan dimulai, jika ada pemain yang memegang ubin yang cocok dengan ubin menghadap ke atas di atas tumpukan terakhir enam ubin, pemain dapat menunjukkan ubin itu, dan mencetak satu poin.

Sekarang pemain di sebelah kanan dealer memulai permainan dengan membuang satu ubin, menghadap ke atas. Setelah ini, setiap pemain pada gilirannya dapat mengambil ubin yang baru saja dibuang oleh pemain sebelumnya, atau mengambil ubin berikutnya dari persediaan di tengah meja, dan kemudian harus membuang satu ubin yang tidak diinginkan. Ini berlanjut dalam rotasi berlawanan arah jarum jam sampai pemain membentuk tangan yang menang dan mengeksposnya, mengakhiri permainan.

Ubin yang dibuang ditempatkan di sebelah kanan pemain yang membuangnya, di dalam tumpukan, sehingga hanya yang terakhir dibuang di tumpukan yang terlihat.

 

Aturan yang biasa adalah bahwa Anda diizinkan untuk melihat semua ubin di tumpukan buangan di sebelah kanan Anda (ubin yang Anda buang) dan di sebelah kiri Anda (ubin yang sempat Anda ambil), tetapi Anda hanya dapat melihat bagian atas yang terbuka. ubin dari dua tumpukan yang dibuang di sisi lain meja.

Tujuan Bermain Domino

Tujuan dari permainan ini adalah untuk mengumpulkan set dan lari.

  • Satu set terdiri dari tiga ubin (üçlü) atau empat ubin (dörtlü) dengan nomor yang sama dan warna yang berbeda. (Jadi misalnya 7 hitam ditambah dua 7 merah tidak akan membentuk set yang valid.)
  • Sebuah run (el) terdiri dari tiga atau lebih ubin berurutan dengan warna yang sama. 1 dapat digunakan sebagai ubin terendah, di bawah 2, atau sebagai ubin tertinggi, di atas 13, tetapi tidak keduanya sekaligus. Jadi hijau 1-2-3 atau kuning 12-13-1 akan menjadi lari yang valid, tetapi hitam 13-1-2 tidak akan valid.

Tangan yang menang terdiri dari 14 ubin yang dibentuk seluruhnya menjadi set dan run – misalnya dua set 3 dan dua run 4, atau run 6 ditambah run 3 ditambah set 4. Tidak ada ubin yang dapat digunakan sebagai bagian dari lebih dari satu kombinasi (set atau run) pada waktu yang sama.

Jenis tangan pemenang lainnya terdiri dari tujuh pasang. Setiap pasangan harus terdiri dari dua ubin identik (misalnya dua hitam 9). Dua ubin dengan nomor yang sama dan warna yang berbeda tidak berpasangan – warnanya juga harus sama.

Jika Anda memiliki tangan yang menang, maka Anda dapat mengakhiri permainan dengan mengekspos semua 14 ubin Anda setelah membuang. Terlepas dari kartu yang dibuang dan ubin menghadap ke atas di atas tumpukan enam ubin, tidak ada ubin yang terbuka sampai pemain menunjukkan tangan yang menang: tidak ada set atau lari yang ditampilkan selama permainan.

Menjelang akhir

Ubin selalu diambil dari atas tumpukan berikutnya yang tersedia. Ketika hanya tumpukan terakhir dari 6 ubin yang tersisa, ubin yang terbuka dikeluarkan dari bagian atas tumpukan ini dan lima ubin lainnya diambil secara berurutan. Ubin terbuka (4 merah dalam diagram contoh) tidak pernah dapat diambil. Ketika tidak ada ubin tersisa di tengah kecuali ubin tunggal yang terbuka, jika pemain berikutnya yang bermain tidak ingin mengambil kartu buangan pemain sebelumnya, permainan berakhir karena tidak ada kartu yang tersisa untuk ditarik.

Seperti yang sudah dijelaskan, dua ubin yang warnanya sama dengan ubin menghadap ke atas dan satu lebih besar jumlahnya adalah joker. Ubin ini dapat digunakan untuk mewakili ubin apa pun yang diinginkan oleh pemegangnya, untuk menyelesaikan satu set atau lari. Misalnya, jika 4 merah menghadap ke atas, 5 merah adalah pelawak. {Hijau 6, merah 5, merah 5, hijau 9} akan dihitung sebagai lari, menggunakan joker untuk hijau 7 dan 8. Atau, {kuning 10, hitam 10, merah 5} akan menjadi satu set, menggunakan merah 5 untuk mewakili warna merah atau hijau 10.

Saat mengumpulkan tangan tujuh pasang, joker dapat digunakan dengan ubin apa saja untuk membentuk pasangan.

Dua joker palsu – ubin tanpa angka – hanya digunakan untuk mewakili ubin joker. Jadi misalnya ketika 5 merah adalah pelawak, pelawak palsu dimainkan sebagai 5 merah: misalnya {red 4, false joker, red 6} adalah lari, dan {black 5, green 5, yellow 5, false joker} adalah yang mengatur.

Pemikiran Pemain Baru

[Pemain baru mungkin bertanya-tanya apa tujuan menggunakan ubin yang berbeda sebagai joker untuk setiap permainan. Tampaknya secara logis setara dengan menggunakan pelawak palsu sebagai pelawak dan setiap ubin menjadi seperti yang terlihat. Alasan yang mungkin adalah jika melalui cacat apa pun di ubin, beberapa pemain belajar mengenali pelawak palsu dari belakang, itu akan memberi mereka keuntungan yang tidak adil. Jika petak yang berbeda digunakan sebagai joker di setiap permainan, mengenali joker dari belakang menjadi jauh lebih sulit.]

Jika Anda memiliki kelompok pemenang dan berlari menggunakan setidaknya satu joker, Anda tidak harus segera mengeksposnya. Jika mau, Anda bisa terus bermain dengan harapan membentuk tangan yang menang plus joker. Jika Anda bisa menyelesaikannya dengan membuang joker dan memperlihatkan 14 ubin Anda yang tersisa sebagai tangan pemenang, kemenangan Anda bernilai dua kali lipat dari kemenangan biasa. Perhatikan bahwa dengan terus bermain alih-alih mengekspos kemenangan biasa Anda, Anda mengambil risiko bahwa pemain lain bisa menyelesaikan tangan yang menang dan mengeksposnya sebelum Anda bisa mencapai kemenangan ganda Anda, dalam hal ini Anda tidak mendapatkan apa-apa untuk tangan kemenangan tersembunyi Anda.

 

Penilaian Domino

Setiap pemain memulai permainan dengan 20 poin dan kehilangan poin setiap kali pemain lain memenangkan permainan, sebagai berikut:

  • Ketika seorang pemain memenangkan permainan biasa, masing-masing pemain lainnya kehilangan 2 poin.
  • Ketika seorang pemain menang dengan membuang joker, setiap pemain lainnya kehilangan 4 poin.
  • Ketika seorang pemain menang dengan tujuh pasang, setiap pemain lainnya kehilangan 4 poin.

Juga, jika pada awal permainan, seorang pemain menunjukkan ubin yang cocok dengan ubin menghadap ke atas pada tumpukan enam ubin, masing-masing pemain lainnya kehilangan 1 poin. Ini dikenal sebagai gösterme (untuk menunjukkan), dan hanya dapat diklaim sebelum pemegang ubin yang cocok terlebih dahulu menarik ubin.

Jika permainan berakhir tanpa ada pemain yang memperlihatkan tangan yang menang (karena tidak ada ubin yang tersisa untuk ditarik, dan pemain yang gilirannya tidak dapat menang dengan mengambil kartu buangan sebelumnya), maka tidak ada skor.

Permainan berlanjut sampai skor pemain mencapai nol atau kurang. Dua pemain dengan skor tertinggi saat itu adalah pemenangnya dan dua pemain dengan skor terendah adalah yang kalah.

Variasi Domino

Beberapa memainkan bahwa setiap pemain yang skornya mencapai nol atau kurang meninggalkan permainan, tetapi pemain lain terus bermain.

Beberapa memainkan bahwa para pemain yang duduk berhadapan adalah pasangan. Dalam praktiknya, mitra tidak dapat banyak membantu satu sama lain, kecuali dengan curang (!) [Dalam permainan kemitraan, mungkin setiap tim memulai dengan 20 poin, dan ketika seorang pemain mengekspos tangan yang menang, tim lawan kehilangan 2 atau 4 poin yang sesuai. Jika seorang pemain menunjukkan ubin yang cocok dengan ubin yang terbuka di awal, tim lain kehilangan 1 poin.]

Beberapa pemain menggunakan ubin terbuka sebagai ubin terakhir yang ditarik dari tengah, ketika semua ubin lainnya telah diambil.

Beberapa pemain menghilangkan prosedur formal untuk memilih joker dan mendistribusikan ubin. Setelah mengocok ubin menghadap ke bawah di atas meja, setiap pemain hanya mengambil 14 ubin dari meja (pemain yang dipilih untuk bermain terlebih dahulu mengambil 15) dan ubin muncul untuk menjadi joker. Saat mengambil ubin selama permainan, ubin menghadap ke bawah dapat diambil dari stok di atas meja.

Beberapa bermain bahwa seorang pemain yang memenangkan permainan dengan ubin satu warna saja, skornya berlipat ganda: pemain lain kehilangan 4 pint jika pemenang membuang ubin biasa, 8 poin jika pemenang terakhir membuang adalah joker. Beberapa hanya memberikan skor ganda ini untuk tangan yang seluruhnya terdiri dari ubin merah atau ubin hitam.

Okey 101 dijelaskan pada halaman spearate. Para pemain masing-masing mengambil 21 ubin (22 untuk dealer) dan ubin dapat digabungkan selama bermain. Perpaduan pertama pemain harus bernilai setidaknya 101 poin.

Variasi Domino: Okey pt 1

Banyak variasi yang muncul dari hanya satu permainan domino ini. Kali ini kita akan membahas variasi domino yang bernama okey. Ada 106 ubin dalam permainan, termasuk 104 ubin bernomor (bernilai 1 hingga 13 dalam empat warna berbeda, masing-masing dua salinan) dan dua Joker. Pemain memiliki 14 atau 16 ubin pada awalnya dan bergiliran meletakkan ubin dari rak mereka ke dalam set setidaknya tiga, mengambil kartu ubin di dek jika mereka tidak bisa bermain. Dalam versi Sabra (merupakan versi paling umum dan populer), pemain pertama yang menggunakan semua ubin mereka mendapat skor positif berdasarkan total tangan pemain lain, sementara yang kalah mendapatkan skor negatif. Fitur penting dari gim ini adalah pemain dapat bermain dengan ubin yang telah dimainkan.

Pengantar-  Peralatan dan Permainan

Okey adalah permainan Turki populer dari keluarga Rummy, dimainkan dengan satu set 106 ubin kayu. Permukaan ubin diberi nomor dari 1 sampai 13, dengan nomor dicetak dalam berbagai warna. Ada delapan ubin dari setiap nomor: dua merah, dua kuning, dua hijau dan dua hitam. Selain itu ada dua ubin domino khusus tanpa angka – ini dikenal dalam game ini sebagai “pelawak palsu” (dalam bahasa Turki “sahte okey”). Bagian belakang ubinnya polos, jadi ubin yang menghadap ke bawah di atas meja atau dipegang oleh pemain lain semuanya terlihat sama.

Satu dadu bersisi 6 digunakan selama pembagian ubin.

Okey hampir selalu dimainkan oleh empat pemain, meskipun dimungkinkan untuk dimainkan oleh dua atau tiga orang.

Seluruh permainan domino dimainkan berlawanan arah jarum jam.

Selama permainan, setiap pemain memiliki 14 ubin. Objeknya adalah, dengan menggambar dan membuang ubin, menjadi yang pertama membentuk tangan yang seluruhnya terdiri dari set ubin bernomor sama, dan deretan ubin berurutan dengan warna yang sama.

Pembagian Kartu dan Determinasi Joker

Dealer pertama dipilih secara acak. Setelah tangan telah dimainkan dan mencetak gol, giliran untuk menangani lewat ke kanan.

106 ubin ditempatkan menghadap ke bawah di atas meja dan dicampur secara menyeluruh. Kemudian para pemain mengaturnya menjadi 21 tumpukan dari lima ubin, ubin di setiap tumpukan menghadap ke bawah. Tersisa satu ubin yang kemudian disimpan oleh dealer. Tumpukan berbaris di depan para pemain, kira-kira seperti ini:

Tidak ada aturan khusus tentang berapa banyak tumpukan yang harus ada di depan setiap pemain. Lebih mudah untuk memiliki setidaknya enam di depan dealer, tetapi ini tidak membuat perbedaan nyata pada permainan.

Dealer sekarang melempar dadu dua kali. Hasil lemparan pertama memilih salah satu tumpukan ubin di depan dealer, dihitung dari kiri ke kanan. Dealer menempatkan satu ubin yang tersisa di atas tumpukan yang dipilih ini. Jika jumlah yang dilempar lebih besar dari jumlah tumpukan di depan bandar, maka hitungan akan terus menggunakan tumpukan di depan pemain di sebelah kanan dealer, dan salah satunya akan dipilih. Tumpukan yang dipilih sekarang memiliki enam ubin.

Lemparan dadu kedua memilih salah satu ubin di tumpukan yang dipilih, menghitung ke atas dari bagian bawah tumpukan. Ubin yang dipilih diekstraksi dari tumpukan dan ditempatkan menghadap ke atas di atasnya. Jika ubin yang dipilih adalah joker palsu, itu dikembalikan ke tumpukan yang dipilih dan lemparan dadu kedua diulang sampai ubin bernomor dipilih.

Ubin menghadap ke atas ini menentukan “joker” (oke) untuk permainan – ubin liar yang dapat digunakan untuk mewakili ubin lain untuk menyelesaikan kombinasi. Joker adalah ubin dengan warna yang sama dan satu nomor lebih besar dari ubin menghadap ke atas. Misalnya jika ubin menghadap ke atas adalah 10 hijau, 11 hijau adalah joker. Joker palsu tidak liar – mereka hanya digunakan untuk mewakili ubin yang telah menjadi joker. Jadi misalnya ketika 11 hijau adalah joker, joker palsu dimainkan sebagai 11 hijau (dan tidak dapat mewakili ubin lainnya). Jika ubin menghadap ke atas adalah 13, angka 1 dengan warna yang sama adalah joker.

Sekarang tumpukan ubin didistribusikan ke para pemain. Pemain domino di sebelah kanan dealer akan menerima 15 ubin dan 14 ubin lainnya masing-masing. Pemain di sebelah kanan dealer mengambil tumpukan berikutnya setelah (di sebelah kanan) tumpukan yang dipilih dengan ubin menghadap ke atas di atasnya, kemudian pemain di seberang dealer mengambil tumpukan berikutnya, dan seterusnya berlawanan arah jarum jam mengelilingi meja , hingga setiap pemain memiliki dua tumpukan (10 ubin). Sekarang pemain di sebelah kanan dealer menerima seluruh tumpukan berikutnya, tetapi pemain yang duduk di seberang dealer hanya diberikan 4 ubin teratas dari tumpukan berikutnya. Pemain di sebelah kiri dealer menerima ubin terakhir dari tumpukan ini dan 3 ubin dari atas tumpukan berikutnya, dan akhirnya dealer mengambil 2 ubin terakhir dari tumpukan ini dan 2 dari tumpukan berikutnya.

Dalam diagram di atas, dealer melempar 5, menempatkan ubin cadangan ke tumpukan ke-5 dari kirinya. Dia kemudian melemparkan 2, dan mengambil ubin kedua dari bawah tumpukan yang dipilih dan meletakkannya di atas. Ini adalah 4 merah, jadi 5 merah akan menjadi joker untuk kesepakatan ini. Sekarang pemain 2 harus mengambil tumpukan ‘a’, pemain 3 tumpukan ‘b’, pemain 4 ‘c’, pemain 1 ‘d’, pemain 2 ‘e’, ​​pemain 3 ‘f’, pemain 4 ‘g’, pemain 1 ‘ h’ dan pemain 2 ‘i’. Selanjutnya pemain 3 mengambil 4 ubin teratas dari tumpukan ‘j’, pemain 4 mengambil ubin terakhir dari ‘j’ dan tiga dari ‘k’, dan pemain 1 dua dari ‘k’ dan dua dari ‘l’.

Semua pemain harus mengatur ubin mereka sehingga mereka dapat melihat wajah mereka tetapi pemain lain tidak bisa. Rak kayu sering digunakan untuk ini. Ubin yang tersisa dibiarkan untuk diambil oleh para pemain selama pertandingan. Mereka dipindahkan ke tengah meja, tanpa memandang atau mengganggu pesanan mereka.

Pai Gow Poker Penjelasan 4 Menit (atau Kurang)

Pai Gow adalah pengembangan dari permainan domino dari negara Asia lain. Pai gow ini bisa dimainkan dalam bentuk variasi poker serta dimainkan di kasino.

  • Pai Gow Poker adalah varian Poker yang menghibur untuk dimainkan di Kasino
  • Anda mendapatkan tujuh kartu dan harus membuat dua kartu yang menang: 5 kartu dan 2 kartu
  • Dimungkinkan untuk bermain Pai Gow Poker online dengan uang sungguhan (di sini)

Biar kutebak.

Anda adalah penggemar (besar) dari beberapa varian Poker. Mungkin Texas Hold’em Poker atau Casino Hold’em. Dan Anda ingin memperluas wawasan Anda.

Anda menemukan ada permainan Pai Gow Poker yang didasarkan pada permainan domino Cina Pai Gow. Dan Anda tidak dapat menahan diri untuk tidak mencari tahu lebih banyak tentangnya.

Oke, itu benar-benar bukan tebakan.

Begitulah kisah saya dengan Pai Gow Poker dimulai.

Kisah Anda mungkin memiliki awal yang sama sekali berbeda. Tapi itu membawa Anda ke sini.

Dan apakah Anda ingin mencari tahu –

  • apa itu Pai Gow Poker
  • cara bermain game
  • tempat bermain online secara gratis (atau dengan uang sungguhan)
  • cara menang di domino Poker ini

– semuanya tercakup dalam artikel ini.

Apa itu Poker Pai Gow?

Poker adalah permainan kartu yang cukup universal. Itulah salah satu alasan mengapa permainan domino Poker sangat populer sejak awal.

Anda selalu mendapatkan beberapa kartu dan Anda perlu membuat kombinasi yang mengalahkan pemain lain atau dealer.

Terkadang Anda bisa menggertak ke pot. Terkadang Anda mendapatkan lima kartu, bukan dua. Terkadang Anda dapat membuat beberapa taruhan sampingan selama bermain game.

Apa yang menarik dengan Pai Gow Poker?

  • Anda mendapatkan tujuh kartu, bukan dua atau lima.
  • Anda harus membuat dua tangan yang menang, bukan satu.
  • Anda bermain melawan dealer daripada pemain lain.
  • Ada Joker di dek 53 kartu yang berfungsi sebagai kartu liar (kadang-kadang).

Itu menjadikan Pai Gow Poker salah satu varian Poker paling unik di luar sana.

Dasar-dasar: Cara Bermain Pai Gow Poker (Aturan)

Pai Gow Poker bukanlah permainan yang sangat umum di Kasino.

Ini adalah permainan yang berjalan lambat dengan banyak dorongan. Sekitar 35 persen dari semua tangan akan berakhir dengan dorongan.

Kasino bata-dan-mortir sering tidak meluangkan waktu untuk itu.

Yang melakukannya (termasuk Kasino online) membebankan komisi lima persen setiap kali Anda menang.

Anda dapat memainkan permainan dengan sekelompok pemain di meja. Semua bermain melawan dealer yang, dalam Pai Gow Poker, disebut bankir.

Tujuan Anda adalah untuk membagi tujuh kartu Anda di antara dua tangan:

  • tangan dua kartu (tangan rendah),
  • tangan lima kartu (tangan tinggi).

Tangan rendah harus memiliki peringkat Poker yang lebih rendah daripada tangan tinggi, oleh karena itu namanya.

Namun, tangan rendah Anda harus mengalahkan tangan rendah bankir. Sama seperti tangan tinggi perlu mengalahkan tangan tinggi bankir.

Itulah satu-satunya cara Anda menang.

Jika satu tangan lebih tinggi dari tangan bankir tetapi tangan lainnya lebih rendah, itu adalah dorongan.

Jika kedua tangan lebih rendah, bankir menang.

Saat Anda bermain di Kasino darat, membuat tangan rendah Anda lebih tinggi daripada tangan tinggi menghasilkan pelanggaran dan Anda kehilangan taruhan.

Ketika itu terjadi secara online, Kasino memberi tahu Anda untuk mengubah tangan Anda.

Tepi Rumah Poker ini dan Pembayaran

Poker ini memiliki keunggulan sekitar 2,84 persen. Jadi, ini kurang lebih pada level yang sama dengan Roulette.

Apa artinya itu?

Ini bukan permainan yang paling ramah pemain untuk dimainkan di Kasino, tentu saja. Anda memiliki peluang yang jauh lebih baik saat bermain Blackjack atau Video Poker.

Namun, itu masih lebih baik daripada banyak permainan Kasino lainnya.

Plus, jika Anda memanfaatkan strategi yang optimal, Anda dapat menurunkan keunggulan menjadi 2,53 persen.

Itu, temanku, mengalahkan Roulette juga.

Bankir membagikan tujuh kartu kepada setiap pemain dari dek termasuk Joker. Dengan demikian, ada lebih banyak peluang untuk mendapatkan tangan Poker yang langka, mis. Siram Lurus.

Jangan terlalu senang dengan Joker. Ini berfungsi sebagai kartu liar hanya ketika menggantikan Ace atau dapat membantu menyelesaikan Straight, Flush, atau Straight Flush.

Pada akhirnya, tidak peduli seberapa bagus tangan yang Anda dapatkan, semua kemenangan dibayarkan 1 banding 1.

Strategi Poker Pai Gow Terbaik

Seperti kebanyakan varian Poker dan permainan kartu, Anda memerlukan strategi untuk memastikan Anda tidak membuang-buang uang di meja Pai Gow.

Tentu saja, Poker ini tidak memiliki strategi all-in-one yang sempurna yang membawa Anda ke kemenangan.

Tidak ada permainan yang melakukannya.

Namun, ada strategi optimal yang dapat Anda gunakan.

Ini akan mengurangi keunggulan rumah dan akan membantu Anda untuk menang lebih banyak.

Singkatnya, strategi optimal Poker ini menjelaskan cara mengatur kedua tangan Anda.

Ini didasarkan pada tujuh kartu yang Anda dapatkan dan kombinasi dari mereka yang memiliki peluang terbaik untuk menang.