Empat Puluh Dua dan Cara Memainkannya

pengantar

Empat puluh dua adalah trik mengambil permainan yang dimainkan dengan kartu domino. Ini sangat populer di Texas, AS. Uraian berikut berdasarkan informasi dari David Dailey, Kit McKormick, John Rhodes, Adam Hauerwas, David Fimble dan lain-lain.

Pada dasarnya ada dua bentuk 42: dapat dimainkan untuk poin atau untuk nilai. Versi untuk tanda akan dijelaskan terlebih dahulu. Versi untuk poin serupa kecuali dalam penawaran dan penilaian – perbedaannya dijelaskan nanti.

Ada dua 42 halaman lainnya di pagat.com. Halaman Texas 42 Joe Celko mencakup permainan untuk poin secara mendalam termasuk saran tentang strategi, dan halaman 42 dan Variasi Howard Fosdick mencakup beberapa varian termasuk penemuannya sendiri ‘The Big Game’.

Pemain dan peralatan

Ada empat pemain dalam kemitraan tetap – pemain duduk di seberang pasangannya.

Domino dobel-enam set digunakan – yaitu 28 domino, satu untuk setiap kemungkinan pasangan angka dari 0 (kosong) hingga 6. Domino dengan angka yang sama di setiap ujungnya disebut dobel.

Peringkat dan setelan domino

Ada 7 setelan: kosong, satu, dua, tiga, empat, lima dan enam. Domino tertinggi dari setiap setelan adalah ganda.

Biasanya satu setelan adalah truf. Setiap domino yang berisi nomor itu secara eksklusif adalah truf, dan selain dari ganda, peringkat mereka sesuai dengan nomor lain di domino. Misalnya jika bertiga adalah truf, setelan truf dari tinggi ke rendah adalah:

Domino yang tersisa, selain dari ganda, milik dua setelan yang sesuai dengan dua angka di atasnya. Dalam setiap setelan mereka memberi peringkat dalam urutan nomor lain di domino. Jadi jika threes adalah truf, anggota dari fives sesuai dari yang tertinggi hingga yang terendah adalah:

Nilai Domino

Setiap domino dengan 10 pips – – bernilai 10 poin ke pihak yang memenangkannya dalam trik mereka.

Setiap domino dengan 5 pips – – bernilai 5 poin ke pihak yang memenangkannya dalam trik mereka.

Selain itu, masing-masing dari tujuh trik bernilai satu poin ke pihak yang memenangkannya.

Oleh karena itu ada 42 poin yang tersedia di masing-masing tangan.

Kesepakatan

Dealer pertama dipilih secara acak. Setelah itu giliran untuk menangani melewati searah jarum jam. Dealer “mengocok” domino dengan mencampurnya secara menyeluruh menghadap ke bawah di atas meja. Kemudian setiap pemain mengambil tujuh kartu domino dan meletakkannya di tepi sehingga pemiliknya dapat melihat nilainya, tetapi pemain lain tidak dapat melihatnya. Lawan dealer harus mengambil kartu domino mereka terlebih dahulu, lalu mitra dealer, dan terakhir dealer.

Penawaran

Setiap pemain hanya memiliki satu kesempatan untuk menawar atau mengoper, dimulai dengan pemain ke kiri dealer dan berputar searah jarum jam di meja. Setiap tawaran harus lebih tinggi dari yang sebelumnya.

Tawaran serendah mungkin adalah 30, artinya tim penawar berjanji untuk memenangkan setidaknya 30 poin dalam trik. Kemudian datang 31, 32, 33, dst. hingga 41, lalu 1 tanda (yang setara dengan 42), 2 tanda, 3 tanda dst.

Tawaran 1 tanda ke atas mengharuskan pihak penawar untuk memenangkan semua trik (yaitu semua 42 poin) atau mengambil salah satu kontrak khusus (Nello, Plunge, Sevens) yang dijelaskan di bawah.

Tawaran pembukaan tertinggi yang diizinkan adalah 2 tanda (kecuali jika pihak yang menyatakan ingin memainkan Plunge). Setelah seseorang menawar 2 tanda, pemain berikutnya dapat menawar 3 tanda, dan seterusnya. Untuk bermain Plunge perlu menawar 4 tanda, atau 5 jika penawaran sudah mencapai 4.

Jika keempat pemain lulus, domino dilemparkan dan pemain berikutnya menangani.

Permainan

Penawar tertinggi (deklarasi) memberi nama truf, atau dapat menyebutkan salah satu kontrak khusus jika tawarannya 1 mark atau lebih.

Declarer mengarah ke trik pertama. Pemain harus mengikutinya jika memungkinkan. Seorang pemain yang tidak dapat mengikutinya dapat memainkan domino apa pun. Triknya dimenangkan oleh truf tertinggi di dalamnya, atau jika tidak mengandung truf, oleh domino tertinggi dari suit yang dipimpin. Pemenang trik mengarah ke yang berikutnya.

Ketika domino non-truf dipimpin, itu dihitung sebagai anggota dari setelan bernomor lebih tinggi, tetapi ketika Anda diminta untuk mengikutinya, setiap domino non-truf yang Anda pegang dihitung sebagai milik kedua setelan. Misalnya jika threes adalah truf dan 6-5 dipimpin, itu dihitung sebagai 6 daripada 5. Tetapi ketika mengikuti, 6-5 dapat digunakan untuk mengikuti baik enam atau lima. Jika bertiga adalah truf maka 5-3 saat dipimpin dihitung sebagai 3 bukan 5, karena truf adalah truf dan tidak ada yang lain.

Perhatikan misalnya bahwa jika kosong tidak truf, dan Anda memegang kosong ganda, meskipun itu adalah kartu tertinggi yang sesuai, satu-satunya cara untuk memenangkan trik adalah jika Anda memimpinnya. Kosong lainnya yang dipimpin dianggap sebagai domino terendah dari beberapa setelan lainnya.

Trik disimpan menghadap ke atas di sebelah kanan salah satu anggota setiap tim, sesuai urutan yang dimainkan, dan dapat dilihat oleh semua pemain. Misalnya setelah dua trik, tangkapan satu sisi mungkin terlihat seperti ini:trik ini bernilai 11 poin, dan dimenangkan dengan 6-6 (enam adalah truf)

trik ini bernilai 16 poin dan dimenangkan dengan 6-2, sebuah truf.

Saat memainkan kontrak untuk memenangkan semua trik, deklarasi dapat memilih untuk menumpuk trik. Dalam hal ini trik ketiga disimpan di atas trik pertama, trik keempat di atas trik kedua, dan seterusnya, hanya menyisakan dua trik sebelumnya yang terlihat pada satu waktu. Ini menghemat ruang dan mengurangi kesempatan pemain untuk memeriksa kembali untuk melihat apa yang telah dimainkan.

Kontrak Khusus

Seorang pemain yang ingin memainkan kontrak khusus tidak menyebut kontrak mereka sebagai bagian dari penawaran mereka; mereka hanya menawar jumlah tanda yang sesuai. Hanya setelah semua orang menawar, penawar tertinggi menyebutkan kontraknya.

Nello

Declarer yang memiliki bid 1 mark (42) atau lebih tinggi dapat mengumumkan Nello, yang merupakan kontrak untuk kehilangan setiap trik. Mitra Declarer membalikkan semua kartu dominonya dan tidak mengambil bagian dalam permainan. Declarer mengarah ke trik pertama, dan tidak ada truf. Ganda membentuk setelan peringkat mereka sendiri dari 6-6 (tertinggi) hingga 0-0 (terendah). Aturan mainnya seperti biasa, dan lead dari double call untuk double. Jika non-ganda dipimpin, angka yang lebih besar menentukan setelan yang harus diikuti, dan ganda tidak dapat dimainkan dengan trik kecuali jika tidak ada kartu domino dari led setelan yang dipegang.

Plunge

Deklarator harus memegang setidaknya 4 ganda untuk mengumumkan Plunge. Mitra Declarer memilih truf: mitra harus membuat pilihan ini atas dasar tangannya sendiri, tanpa petunjuk dari penawar Plunge. Ketika mitra telah mengumumkan setelan truf, pernyataan memimpin. Tim deklarasi harus mengambil semua tujuh trik untuk menang.

Untuk memainkan Plunge, penawar harus memiliki tawaran setidaknya 4 tanda. Untuk bermain risiko, Anda diperbolehkan untuk membuka penawaran dengan 4 tanda, atau melompat ke 4 tanda di atas tawaran yang lebih rendah, atau menawar 5 tanda di atas tawaran sebelumnya 4. Ini adalah satu-satunya kasus di mana tawaran lompat atau pembukaan tawaran lebih tinggi dari 2 tanda diperbolehkan. Pemain berikutnya dapat melakukan overcall 4 mark dengan 5 mark, dan memainkan kontrak normal untuk memenangkan semua trik, atau Nello. 5 mark bisa di overcall dengan 6 mark, dan seterusnya.